Manfaat Pijat Bayi

manfaat-pijat-bayi

Manfaat Pijat Bayi  – Ternyata pijat bayi tidak ada hanya ada di Indonesia saja, namun aktifitas pijat bayi juga ada di banyak negara, bahkan aktivitas ini sudah menjadi salah satu rekomendasi dalam dunia medis yang modern. Banyak yang percaya jika pijat bayi tak hanya bisa membuat bayi rileks saja, lebih dari itu, aktifitas memijat bayi yang melibatkan sentuhan ini bisa mempererat hubungan emosional diantara ibu dan juga bayinya.

Yang perlu andai ketahui sebelumnya ialah bahwa aktivitas memijat bayi ini tak boleh dilakukan kecuali terapis atau ibu yang telah mengetahui teknik pijat bayi  yang benar. Resiko terkilir bisa terjadi bila kita memijat bayi tanpa memiliki pengetahuan yang benar. Sendi dan tulang bayi masih rawan dan bisa cidera bila  dipijat dengan menggunakan cara yang salah. Berkonsultasilah dengan dokter ataupun ahli terapis bayi agar bisa mengetahui cara pijat bayi dengan benar. Berikut ini adalah Manfaat Pijat Bayi.

  1. Melatih respon syaraf.

Menurut beberapa penelitian, salah satu manfaat dari pijat bayi ialah merangsang dan juga melatih respon syaraf yang dimiliki oleh bayi. Pijatan dibeberapa bagian tubuh bayi yang disertai dengan aroma tubuh ibu merupakan kondisi ideal untuk bisa melatih respon syaraf bayi anda.

  1. Meningkatkan konsumsi ASI.

Selain itu, pijat bayi bisa meningkatkan kualitas dari penyerapan nutrisi ASI jadi bayi menjadi lebih cepat lapar. Akibatnya bayi anda akan lebih kerap menyusui. Dikarenakan konsumsi ASI meningkat jadi berat badanpun juga bisa meningkat. Jadi  secara tidak langsung, Manfaat Pijat Bayi ialah bisa meningkatkan berat badan si buah hati.

  1. Mengurangi ganguan sakit karena kolik dan perut kembung.

Cara memijat bayi yang tepat bisa meringankan gejala kolik yang bayi mungkin alami termasuk membantu mengeluarkan gas yang ada di perut bayi. Gas ini umumnya yang membuat ketidaknyamanan di bayi sehingga bayi anda menjadi lebih rewel.

  1. Membangun jalinan emosional antara si kecil dan bunda.

Sentuhan diantara bayi dan juga ibu, senyum, kontak mata, dan ekspresi wajah ibu  merupakan bentuk komunikasi nonverbal diantara ibu dan juga bayi

  1. Meningkatkan system ketebalan tubuh.

Menurut beberapa penelitian, memijat bayi dengan cara yang benar bisa meningkatkan produksi sel darah putih yang berfungsi untuk memerangi sumber penyakit.

  1. Meningkatkan kualitas tidur bayi.

Pijat bayi bisa membuat bayi menjadi lebih rileks dan membuat peredaran darah sang bayi menjadi lancar. Rasa nyaman karena pijat bayi bisa memicu kualitas tidur yang lebih baik. Biasakan memijat bayi setelah dia cukup minum asi agar kualitas tidurnya lebih baik.

Itulah beberapa Manfaat Pijat Bayi. Selain beberapa manfaat-manfaat diatas, memijat bayi juga bisa meningkatkan suplai oksigen, meningkatkan kesadaran sang bayi akan tubuhnya, meningkatkan fungsi indra sensorik, melancarkan sirkulasi darah, dll.

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s